Selasa, 26 Oktober 2010

Tips Penulisan Non-Formal




Beberapa tips dari saya untuk anda yang menyukai menulis di blog atau tempat-tempat non formal lainnya (hehe…):

Tulis lah dengan metode media cetak/koran/surat kabar. Bayangkan kalau koran-koran kita menulis tidak menggunakan kolom, pasti lelah membacanya. Karena energi yang terpakai untuk menggerakkan bola mata akan lebih minimal daripada saat menghadapi tulisan yang memanjang.

Jangan terlalu panjang tulisannya! buatlah seringan mungkin. Kadang-kadang ada orang yang hanya melihat sekilas, dia sudah ogah membaca tulisan kita tak lain karena buannyyyaaakknnya huruf-huruf yang berceceran di depan layar komputernya.

Kalau pun tidak bisa diringkas, alangkah lebih bagus jika tulisannya di bagi menjadi dua bagian..atau episode..lumayan ber-efek. Sehingga pembaca tidak akan cepat bosan melihat kata-kata yang bergelimpangan dengan liar. Bahkan, boleh jadi pembaca menjadi tambah penasaran dengan episode berikutnya. (hehe..)

Mungkin juga bisa ditambahkan jarak perbarisnya. Jadi, tulisannya akan terlihat lebih bersih, tidak semrawut seperti kapal pecah, betul kan?

Berhentilah menulis, mungkin itu lebih baik bagi anda..
Hmm.. kira-kira begitulah sedikit saran dari saya, boleh dicoba, diterima, atau dilahap mentah-mentah. Kecuali nomor lima ya, yang itu jelas hanya gurauan.

Mungkin jika ada yg ke-enam, saya akan tulis ini: Jangan pernah ikuti saran nomor lima, jangan pernah berhenti menulis. Karena menulis tetap lebih baik daripada tidak menulis sama sekali…hehehe..

(NON FORMAL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar